Selasa

Published 19:14 by admin

Kerja Sekaligus Punya Usaha

Mungkinkah seorang yang kerja sekaligus punya usaha? Menurut saya, mungkin saja. yang penting integritas tetap terjaga. Misal, kita kerja disaat weekday, kemudian kita optimalkan weekend untuk menjalankan usaha. Boleh juga dengan mengatur waktu, optimalkan usaha 2 jam sebelum kerja, dan 2 jam setelah bekerja. Boleh-boleh saja, ingat harus tetap terjaga integritas, bukan malah sebaliknya. Saya menyebutnya employeepreneur.


Bekerja atau berbisnis sebetulnya adalah pilihan. Biasanya orang bekerja ingin punya penghasilan lebih pasti. Orang berbisnis ingin punya penghasilan lebih besar. Namun, bagi mereka yang bekerja, ada beberapa cara untuk bisa menambah penghasilan, diantaranya:

Pertama, menjual skill. Seorang pekerja biasanya memilki skill. Kelebihan yang dimiliki bisa digunakan untuk mengajar, mengisi training, jadi pembawa acara, penerjemah, mendesain, editor, penulis. Dengan skill yang dimiliki digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Kedua, menjual rutinitas. Bisa memasak, sekalain masak dan jual masakan. Biasa mencuci, boleh juga sekalian buka laundry. Berangkat kerja dengan kendaraan pribadi, coba tawarkan jasa antar. Sering belanja, buka jasa titip beli barang. 

Ketiga menjual online. Bisnis online sangat memungkinkan dilakukan oleh siapa saja, termasuk pekerja. Tidak harus produksi, tidak harus barang sendiri. Fokus saja langsung menawarkan, langsung jualan insyaallah langsung menghasilkan. Syaratnya barang yang kita jual harus penuh manfaat, berkualitas, hemat space (kecil, ringan), hemat ongkir, cepat habis (sering repeat order), dan tahan lama. Bukan mustahil, suatu saat nanti penghasilan dari bisnis online lebih besar dari penghasilan bekerja. Apalagi bisnisnya ada pembinaannya, ada mentor yang sudah terbukti mengantarkan sukses mitranya.

Sekarang banyak kita jumpai orang dari rumah menghasilkan rupiah. Dirumah saja bisa bosen? Kalau bosen coba tarik napas. Kalau masih bosan juga, coba tarik tunai. Hehehe.. Ada juga yang bilang di rumah cukup dasteran dapat transferan. Postang-posting tanpa pontang-panting. Hehehe.. 

Ayo kapan mau mulai bisnis onlinenya? Sangat mungkin untuk seorang yang kerja sekaligus punya usaha. Saran saya, mulai dari yang kita bisa, bila belum bisa semua, jangan tinggalkan semua. Sudah “lakukan” saja, maksudnya di buat “laku” Hehe…