Ajak dan Ajar

Ketika kita punya peliharaan di rumah, entah itu kucing, kelinci, atau peliharaan lainnya. Tiap hari kita kasih makan, maka insyaallah ini terhitung ibadah, terhitung amal sholeh. Dan bukan mustahil dengan wasilah itu, kita mendapat ampunan dosa-dosa kita.


Diriwayatkan dalam sebuah hadist “ada seorang wanita pezina melihat seekor anjing di hari yang panasnya begitu terik. Anjing itu mengelilingi sumur tersebut sambil menjulurkan lidahnya karena kehausan. Lalu wanita itu melepas sepatunya (lalu menimba air dengannya). Ia pun diampuni karena amalannya tersebut” (HR. Muslim No. 2245).

Saat memberi makan hewan peliharaan, bahkan seekor anjing, kita berpeluang dapat amal kebaikan. Apalagi kita bisa memberi makan ke manusia. Boleh juga kita memberi makan ke anak asuh, anak yatim, atau sesekali memberi sedekah makanan pada orang yang membutuhkan.

Sekarang bayangkan, kita mengajak orang berbisnis, akhirnya ia mengikuti dan berbisnis. Lalu kita ajari untuk bisa menghasilkan. Dengan penghasilannya itu ia tidak hanya bisa makan, bahkan juga bisa memberi makan, menafkahi keluarganya. Insyaallah ini merupakan kebaikan, termasuk amal sholeh.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan, mengapa saya senang dan sangat bersemangat untuk mengajak orang berbisnis. Syukur-syukur saya juga bisa mengajarkan pengalaman yang sudah saya lakukan. Ya, dengan konsep ajak dan ajar, semoga jadi amal sholeh, semoga jadi amal jariyah.

Bisnis yang saya jalani saat ini, kesempatan untuk ajak dan ajar sangat besar. Bagi teman-teman semoga punya bisnis dan berkesempatan untuk bisa ajak dan ajar, dan akhirnya tercatat sebagai amal kebaikan. Aamiin. 

Tulisan Sering Dibaca

Peraturan Penting Seputar Perbankan

Power vs Force, Faktor Terselubung Penentu Perilaku Manusia

Low profile High profit

Rumus E + R = O (Event + Response = Outcome) dalam Mencapai Kesuksesan

Tri Sumono: Manusia 4 Kuadran (Tukang Sapu Yang Jadi Miliuner)

Meningkatkan Peforma dengan GKF (Gerak, Kata, Fokus)

KAYA BUKAN SEGALANYA

Khutbah Jumat tentang Hikmah Syukur

Kesalahan-kesalahan Mengelola Uang