Bisnis Berjamaah

Apa pesan yang dapat kita ambil dalam peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW? Salah satunya adalah adanya perintah sholat.


Amalan pertama yang akan dihisab di akhirat adalah sholat. Bila baik sholatnya maka akan baik amalan lainnya. Bahkan, salah satu keutamaan sholat adalah dapat mencegah perbuatan baik dan mungkar.

Seorang yang melakukan sholat begitu banyak keutamaannya. Namun bila kita bukan sekedar melakukan sholat, namun juga melakukan sholat dan berjamaah. Insyaallah lebih besar lagi keutamaannya.

Ketika kita sholat sendiri hanya dapat 1 kebaikan. Dengan berjamaah, kita dijanjikan dapat 27 kebaikan. Begitulah salah satu keutamaan berjamaah.

Dalam bisnis, perihal berjamaah itu ada pula kemiripan dengan yang namanya komunitas. Komunitas bisnis memberi banyak manfaat. Berada di dalamnya banyak hal yang bisa kita peroleh.

Bayangkan kita yang awalnya sebagai pemula, kemudian bertahap mulai tau banyak hal. Ketika ada yang belum berhasil, ada yang menyemangati dan memberi motivasi serta dukungan. Ada yang sudah mengalami keberhasilan, lalu ditularkan pada yang lainnya. Inilah keutamaan bisnis berjamaah.

Komunitas bisnis membuat kita menjalankan bisnis dengan percepatan. Sehingga bila ingin percepatan dalam bisnis, maka temukan bisnis yang ada komunitasnya. 

Alhamdulillah saya berada dalam komunitas MM (Meluaskan Manfaat). Punya banyak saudara, dan jadi seperti keluarga. Saling ridho atas pencapaian. Saling mendoakan untuk terus melakukan kebaikan. Mengingatkan untuk rutin mengamalkan Tahajud, Tilawah, Duha, Sedekah. Bersama memprioritaskan Allah & Rasul, anak & keluarga, dan amal jariyah. Bersama-sama mencintai Muhammad SAW agar berhasil dan menang dunia dan akhirat. 

Saling mencintai karena Allah. Bukankah kelak di akhirat, kita akan dukumpulkan bersama orang yang kita cintai. Semoga dalam komunias MM tidak hanya jadi saudara di dunia, kelak akan dipertemukan pula di akhirat. Aamiin.

Tulisan Sering Dibaca

Peraturan Penting Seputar Perbankan

Power vs Force, Faktor Terselubung Penentu Perilaku Manusia

Low profile High profit

Rumus E + R = O (Event + Response = Outcome) dalam Mencapai Kesuksesan

Tri Sumono: Manusia 4 Kuadran (Tukang Sapu Yang Jadi Miliuner)

Meningkatkan Peforma dengan GKF (Gerak, Kata, Fokus)

KAYA BUKAN SEGALANYA

Khutbah Jumat tentang Hikmah Syukur

Kesalahan-kesalahan Mengelola Uang