Selasa

Published 01:04 by admin

Pemimpin = Pengaruh

Setiap kita adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpinnya. Setidaknya bagi pria, jadi pemimpin bagi dirinya, keluarga, istri, dan anaknya. Bagi wanita, jadi pemimpin bagi dirinya dan anak-anaknya. Bicara tentang pemimpin berarti kita bicara tentang pengaruh. Untuk menjadi pemimpin yang berpengaruh, ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

·       Zikir, dengan memperbanyak zikir hati menjadi tenang. Pemimpin yang tenang akan menghasilkan keputusan yang baik. Berzikir berarti mendekatkan diri pada Allah. Dekat pada Allah yang maha membolak-balikan hati hambanya. Tahajud termasuk adalah salah satu ibadah yang seharusnya dilakukan oleh seorang pemimpin, pengajar, orang tua, atau siapa saja yang ingin kata-katanya berpengaruh.   

·       Zest, pemimpin harus penuh semangat (zest), mampu memotivasi timnya untuk bergerak. Penuh inspirasi, selalu antusias dalam kondisi apapun.

·       Role model, pemimpin harus jadi teladan, mengerjakan apa yang dikatakan (walk the talk). Menjadi contoh bagi majunya sebuah tim, bila ingin tim yang bernilai 8 maka seorang pemimpin setidaknya memiliki nilai 8 atau bahkan lebih dari itu

·       Solusi, bertemu pemimpin harus bertemu solusi. Seorang pemimpin mampu membuat sederhana masalah yang rumit, bukan sebaliknya. Mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi, bukan malah menambah masalah.

·       Self improve, terus belajar terus bertumbuh. Seorang pemimpin yang terus belajar, dan beradaptasi terhadap perkembangan zaman, karena belajar tidak akan pernah selesai.

Jadilah pemimpin yang berpengaruh, mampu memberi inspirasi, mampu meciptakan pemimpin baru, mengeluarkan potensi tim, mengantarkan tim mencapai impian dan membuat tim selesai dengan masalahnya. Siap ya?