Bisnis Dimulai Dari Penawaran

Kita ketahui bahwa ada 4 pilar penting dalam bisnis yaitu produksi, SDM, keuangan (finance), dan pemasaran (marketing). Sebagai pebisnis pemula ada baiknya mempertimbangkan memulai bisnis dari yang paling cepat menghasilkan, yaitu pemasaran. 


Ada ungkapan menarik “mulailah dari yang kanan”. Dalam bisnis, mulai dari yang kanan, bisa diartikan dengan mulai sesuatu yang memerlukan kreatifitas, atau otak kanan. Pemasaran itu termasuk dalam otak kanan, karena pemasaran memerlukan kreatifitas. Bisnis itu dimulai dari penawaran. Ya, penawaran akan bisa langsung menghasilkan. 

Pada awal memulai bisnis, bayangkan bila kita mulai dari produksi, maka yang terjadi adalah waktu kita bisa habis untuk menyiapkan produk yang akan dijual. Padahal saat ini, banyak sekali produk orang lain yang bisa kita jualkan dan hal ini menjadikan bisnis kita jadi efisien. 

Perhatikan dealer mobil, distributor HP, jaringan minimarket. Merka tidak produksi, mereka fokus pada penjualan, tetap bisa menghasilkan. 

Bagi pemula, mulailah dari yang kanan, mulailah dari penawaran. Bila bisnis kita mulai menghasilkan, barulah urus keuangan (finance). Makin menghasilkan, lakukan rekrut SDM. Bagaimana dengan produksi? Nah, ini adalah pilihan. Sekali lagi, pilihan. Kita bisa jual produk sendiri, atau kita jual produk orang lain.

Tulisan Sering Dibaca

Power vs Force, Faktor Terselubung Penentu Perilaku Manusia

Low profile High profit

Pemimpin = Pengaruh

Rumus E + R = O (Event + Response = Outcome) dalam Mencapai Kesuksesan

Khutbah Jumat tentang Hikmah Syukur

Loyalitas Adalah Akibat

Jenis Hutang yang Bisa Membuat Anda Tambah Kaya

Mengenal Komunitas TDA

5 LEVEL KEPEMIMPINAN