Melek Finansial: Mengajarkan Kebiasaan Uang pada Anak

Temukan cara yang tepat untuk mengajarkan anak-anak mengerti tentang uang. Bisajadi bukan karena tidak bisa mengelola uang namun karena pengetahuan tentang uang yang kurang.



Bicara kebiasaan berarti menanamkan prinsip dasar yang rutin dilakukan sehari-hari. Dalam hal ini saya membuat program "geser 2 ribu" atau GErakan SERba 2 ribu dimana anak-anak tiap kali ketemu uang 2 ribu wajib masuk ke celengan, sekali lagi ini WAJIB. Pada awal-awal program terasa berat, sulit, banyak berkelit. Nah, disitulah keutamaan program ini yaitu menanamkan prinsip dasar menyisihkan, mengendalikan, membiasakan! Banyak yang tanya saya, Kenapa 2 ribu? Karena uang 2 ribu sering ditemukan. Kalau mau jajan? Pakai uang lainnya. Pengen nabung pakai uang 2 ribu? Gak boleh kecuali sudah minimal 6 bulan, kenapa? Sudahlah praktekan.. :)

Program ini sekali lagi mengajarkan kebiasaan, besarnya jumlah uang tidak terlalu penting kebiasaan terhadap uang jauuuuh lebih penting! bila program sudah mulai jalan, maka uang 2 ribu akan sering ketemu dan berseliweran seperti jadi "magnet uang" beneran, jangan percaya kalau belum buktikan!

Tulisan Sering Dibaca

Peraturan Penting Seputar Perbankan

Power vs Force, Faktor Terselubung Penentu Perilaku Manusia

Low profile High profit

Rumus E + R = O (Event + Response = Outcome) dalam Mencapai Kesuksesan

Tri Sumono: Manusia 4 Kuadran (Tukang Sapu Yang Jadi Miliuner)

Meningkatkan Peforma dengan GKF (Gerak, Kata, Fokus)

KAYA BUKAN SEGALANYA

Khutbah Jumat tentang Hikmah Syukur

Kesalahan-kesalahan Mengelola Uang