Puasa Berkah dengan 10 Amalan Ramadhan



10 Amalan di Bulan Ramadhan

1. Memperbanyak Qiyamul Lail

"Barangsiapa melakukan Qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni"
(HR. Bukhari No. 37 dan Muslim No. 759)

Qiyamul lail dan puasa itu seperti saudara kembar. Siang Hari Kita Puasa, malam hari kita Qiyamul lail

2. Mengakhirkan Sahur

Rasulullah bersabda
"Bangunlah pada waktu sahur karena waktu sahur penuh berkah"

3. Menyegerakan Berbuka Puasa

"Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR. al-Bukhari dan Muslim)

4. Menahan Hawa Nafsu

Dari Abu Hurairah Radhiallahu'anhu, Bahwa Rasulullah SAW bersabda " Shaum itu benteng, maka (orang yang melaksanankannya) janganlah berbuat kotor dan jangan pula berbuat bodoh. Apabila ada orang yang mengajaknya berkelahi atau menghinanya maka katakanlah Aku sedang Shaum"
(HR Bukhari)

5. Memperbanyak Tilawah Al Qur'an

"Semua amalan anak adam akan dilipatgandakan (balasannya), satu kebaikan akan dibalas dengan 10 sampai 700 kali lipat." Allah Swt. berfirman: "Kecuali puasa, sesungguhnya itu untuk-Ku, dan Aku yang langsung membalasnya. Hamba-Ku telah meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku." (HR. Muslim)

6. Memperbanyak zikir dan do'a

"satu zikir di bulan lain bernilai satu kebaikan, maka di bulan Ramadhan ia akan berlipat ganda pahalanya. (QS. Az-Zumar [39]: 10)

7. Mengeluarkan Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf

"Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: "Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan". Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah." (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)

8. Memberikan Makanan Berbuka Puasa

"Barang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu" (Shohih Nasa'i dan Tirmidzi)

9. Melaksanakan Iktikaf

Inilah amalan ramadhan yang selalu dilakukan Rasulullah saw. I'tikaf adalah berdiam diri di masjid dengan niat beribada kepada Allah swt. Abu Sa'id Al-khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. pernah beri'tikaf pada awal Ramadhan, pertengahan Ramadhan, dan paling sering di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

10. Menggapai Lailatul Qadar

"Barangsiapa yang shalat pada malam lailatul qadar berdasarkan iman dan ihtissab, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu."
(HR. Bukhari dan Muslim)

Ya Allah, Engkaulah Pemilik Ampunan dan Engkaulah Maha Pemberi Ampun. Ampunilah aku.