Pilih Pancing atau Ikan

Ada seorang pemuda yang sedang duduk santai dipinggiran trotoar jalan sambil menikmati keindahan dan suasana dijalan yang banyak pejalan kaki. Ceritapun bermula..


Ada orang bijak yang bertanya filosofis kepada pemuda tersebut.

"Kalau anda disuruh pilih, mau pilih pancing (alat mancing) atau milih ikan 500 kg?"

Dia (pemuda) menjawab, "saya pilih ikan 500 kg" 

Orang bijak geleng-geleng kepala sambil ketawa.... dan berkata dengan bijak.. 
"Anda jauh dari kebijaksanaan. Apakah anda tidak tahu bahwa 500 kg ikan bisa habis dimakan sedangkan alat mancing bisa untuk memancing ikan terus menerus selamanya"

Dia (pemuda) menjawab, 
"Anda yang terlalu naif. 500 kg ikan kalau dijual seharga 50 ribu per kilo ... berarti 25 juta, sedangkan alat mancing harganya hanya sekitar 500 ribu, beli 10 set hanya sekitar 5 juta. Saya bisa bayar 5 juta untuk menggaji 10 orang untuk memancing ikan bagi saya.  Dan bisa ambil 5 juta untuk bersedekah. Sisa uang bisa dibuat hal lain-lain, misalnya mengajak teman-teman untuk berburu. Bahkan sambil main catur bisa sambil menjaga orang-orang yang memancing ikan. Ikan hasil mancing bisa saya jual lagi. Hasilnya saya buat kolam, sebagian ikan saya ternak sampai bisa menghasilkan, lalu saya jual lagi. Setelah panen lalu sebagaian keuntungan saya belikan ikan lagi dan seterusnya.  Nah, hobby mancing saya tersalurkan, bisa bersedekah, bisa bersosialisasi, bisa membuka lapangan pekerjaan, dapat untung pula"

Orang Bijak, "Kamu orang mana?" 

Dia jawab, "Jombang" 

Orang Bijak, "😅😄😃😂"