Melek Finansial: Mengajarkan Kebiasaan Uang pada Anak

Temukan cara yang tepat untuk mengajarkan anak-anak mengerti tentang uang. Bisajadi bukan karena tidak bisa mengelola uang namun karena pengetahuan tentang uang yang kurang.



Bicara kebiasaan berarti menanamkan prinsip dasar yang rutin dilakukan sehari-hari. Dalam hal ini saya membuat program "geser 2 ribu" atau GErakan SERba 2 ribu dimana anak-anak tiap kali ketemu uang 2 ribu wajib masuk ke celengan, sekali lagi ini WAJIB. Pada awal-awal program terasa berat, sulit, banyak berkelit. Nah, disitulah keutamaan program ini yaitu menanamkan prinsip dasar menyisihkan, mengendalikan, membiasakan! Banyak yang tanya saya, Kenapa 2 ribu? Karena uang 2 ribu sering ditemukan. Kalau mau jajan? Pakai uang lainnya. Pengen nabung pakai uang 2 ribu? Gak boleh kecuali sudah minimal 6 bulan, kenapa? Sudahlah praktekan.. :)

Program ini sekali lagi mengajarkan kebiasaan, besarnya jumlah uang tidak terlalu penting kebiasaan terhadap uang jauuuuh lebih penting! bila program sudah mulai jalan, maka uang 2 ribu akan sering ketemu dan berseliweran seperti jadi "magnet uang" beneran, jangan percaya kalau belum buktikan!