Melek Finansial: Pekerja juga bisa kaya



Seperti biasanya, sy berkesempatan mengisi talk show di radio kali ini membahas tentang pesan khalifah Umar RA "wahai pekerja atur upahmu, sebagian belikan kambing dan ladang". Menarik untuk dibahas bahwa atur upahmu ini pesan bagi seorang pekerja sebisa-mungkin mengelola uangnya dengan baik. Dalam konteks saat ini kambing bisa jadi punya bisnis, ya bisa jadi bisnis rintisan, bisnis sampingan, atau bisnis barengan, dimana saat bekerja dpt penghasilan saat bisnis dpt pemasukan. Nah belilah ladang, ini isyarat bahwa dianjurkan punya investasi misal properti baik kamplingan, kontrakan, ruko/rukan, kost2an, dll.

Inggat, pekerja tak selamanya bekerja karena ada masa ada usia. Suatu saat nanti bakal purna, saat itu jangan kecewa bila ternyata tak punya apa2, malah masih harus bekerja. Waspada!

Jika ilmu bahasa, matematika, budaya itu penting dan kita belajarnya bertahun2, mestinya ilmu tentang uang juga penting. Coba tanya berapa waktu, dana, upaya yg kita kerahkan untuk belajar tentang uang? Jgn heran, apa2 mentok kadang bukan karena kurang uangnya tapi kurang ilmunya!

Yuk praktekkan!