Melek Finansial: Ajarkan Anak Bijak Terhadap Uang

Banyak cara memberi pengertian kepada anak-anak untuk mengenal serta bijak terhadap uang sejak dini. Anak-anak merupakan pembelajar yang cerdas, mereka begitu cepat mengerti hal-hal baru termasuk juga uang. Betapa penting mengajarkan anak-anak bijak terhadap uang, kenalkan mereka fungsi uang sebagai alat transaksi dalam bahasa sederhana, kenalkan pula uang didapat melalui proses, dan bagaimana menyikapi (berakhlak) terhadap uang. Karena uang sifatnya netral, ia dapat membawa dampak positif dan negatif tergantung bahaimana kita menyikapinya.
     Sejak umur berapa anak-anak dikenalkan padakonsep uang sebagai alat transaksi? Sedini mungkin, sebisa sejak usia 3 tahun. Diusia itu uang sudah mereka gunakan untuk membeli sesuatu. Sampaikan bahwa untuk dapat membeli barang yang mereka sukai, mereka harus membawa uang. Ketika akan naik kereta kelinci latih mereka untuk  membawa dan menyerahkan uang. Setelah mereka mengerti uang sebagai alat transaksi mereka juga kita kenalkan pada proses mendapatkan uang. Biasakan mereka mendapatkan uang dengan adanya upaya seperti boleh beli buku baru bila bisa bangun pagi, atau ketika ia bisa bergegas mandi dan pakai baju sendiri. Intinya ada upaya dalam mendapatkan uang tidak serta merta mereka secara langsung memperolehnya.
Yang tidak kalah pentingnyaadalah bagaimana sikap kita terhadap uang. Mungkin hal ini bisa berlaku tidak pada anak-anak pula pada orang dewasa,bila ada uang kita bisa sangat bahagia dan bila tidak ada uang kita begitu tersiksa,hati-hati ada yang salah dengan cara berpikir (mainset) kita. Uang bersifat netral, ia dapat membawa kebaikan dan keburukan tergantung bagaimana kita menyikapi.  Sikap terbaik apa yang harus kita lakukan? Sikapi uang sewajarnya, tidak berlebihan, tidak perlu mengantungkan kebahagiaan pada banyaknya uang. Anak-anak ajarkan cara mengendalikan keinginan, tidak semua keinginan harus terpenuhi,  ajarkan memprioritaskan hal-hal yang benar-benar berguna dan dibutuhkan. Mendapatkan uang itu penting, namun sikap kita terhadap uang itu jauuuhh lebih penting.
     Beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengajarkan anak bijak terhadap uang:
-     Dampingi anak-anak saat mereka membeli sesuatu, sesekali latih mereka untuk dapat melakukannya sendiri dan pastikan ia paham apa yang akan mereka beli, dan harus membawa uang untuk memperolehnya.
-       Biasakan pisahkan uangjajan dengan uang tabungan.  Misal anda ingin memberikan uang saku sekolah sekalian anda berikan berikan pula uang untuk tabungan.  "Nak, ini untuk saku dan isi sisihlan untuk tabungan.
-     Tidak  ada salahnya menyediakan celengan bagi anak-anak, tuliskan pada celengan itu keinginan mereka.  Berikan daftar tugas yang bisa mereka lakukan untuk mendapatkan jumlah uang tertentu. Manfaat kan pula celengan itu untuk menjalankan program the power of saving yaitu paksa mereka tiap hari bisa menabung berapapun besarnya. Agar mereka terbiasa mengelola uang secara cermat.

Dikian tulisan kali ini, Semoga bermanfaat