Rabu

Published 07:55 by admin

3 Aplikasi Portable untuk Keuangan Pribadi

Mengelola keuangan secara sehat adalah keinginan banyak orang, namun yang terjadi adalah masalah mengelola keuangan terasa sulit apalagi gempuran iklan dan penawaran diskon dimana. Agar tujuan pengelolaan keuangan pribadi terwujud sesuai dengan keinginan tidak ada salahnya mencoba aplikasi portable (bisa dibawa kemana-mana, tanpa instalasi, bisa disimpan di flashdisk) untuk mengelola keuangan pribadi.



Aplikasi Portable 
Saat ini banyak sekali aplikasi open source yang bisa menunjang kebutuhan kita, sebut saja portableapps.com dimana ia menyediakan aplikasi yang populer diperlukan banyak orang dengan kemudahan bisa berjalan di penyimpanan portable seperti USB, kartu memory, hard disk eksternal, dll. Dengan adanya aplikasi portable semakin mempermudah kita untuk menggunakan aplikasi tersebut sewaktu-waktu karena ia terinstall di penyimpanan portable.

Mengelola Keuangan Pribadi 
Banyak yang sudah tahu bagaimana memperoleh uang, namun bagaimana mengelolanya dengan sehat dan tepat masih kurang diperhatikan. Saya biasa mengisi talkshow tentang #MelekFinansial (www.melek-finansial.com) diberbagai kesempatan saya sampaikan bahwa kita belajar Matematika, IPA dan Bahasa sejak SD, SMP, bahkan SMA namun tidak belajar tentang bagaimana memperoleh, mengelola dan memberdayakan uang. Ilmu tentang Matematika, IPA dan Bahasa penting, namun ilmu tentang uang juga penting. Bukankah tiap hari kita bertemu namanya uang? Saya mengistilahkan hal tersebut sebagai #MelekFinansial.

Aplikasi Keuangan Pribadi 
Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengelola keuangan pribadi, namun saya memilih 3 aplikasi portable untuk keuangan pribadi dengan beberapa alasan antara lain:
1.Open source
Aplikasi yang akan kita gunakan berlisensi bebas atau opensource, tidak berbayar dan bisa disebarkan serta digunakan oleh siapapun
2.Portable
Mudah digunakan dengan menyimpannya di flashdisk atau media penyimpanan portable lainnya. Sehingga, bila terjadi transaksi atau bila ingin melakukan pencatatan keuangan pribadi sangat mudah sekali
3.Kaya Fitur
Menurut saya, dari beberapa aplikasi untuk pencatatan keuangan pribadi fitur-fitur yang dimiliki apalikasi tersebut tidak kalah dengan yang komersial atau bahkan ia memiliki fitur yang lebih bagus dibanding dengan aplikasi sejenis.

Adapun 3 aplikasi portable untuk keuangan pribadi adalah sebagai berikut:
1.Finance Explorer Portable
2.GnuCash Portabe
3.Money Manager Ex Portable
Ketiga aplikasi tersebut akan saya jelaskan secara detail pada tulisan selanjutnya.

Demikian tulisan kali ini tentang 3 aplikasi portable untuk keuangan pribadi dan ikuti penjelasan atau uraian dari aplikasi tersebut pada tulisan berikutnya, semoga bermanfaat. Tulisan ini juga dipublikasikan di IlmuKomputer.Com