Biaya Haji Makin Murah?

Dari tahun ke tahun, biaya haji dan umroh mengalami kenaikan yang tidak sedikit. Setelah krismon, biaya haji tercatat belasan juta rupiah, di tahun 2000-an naik dari belasan juta sampai sekarang sekitar 35 jutaan. Sementara biaya umroh berkisar setengah dari haji reguler, artinya juga terus naik dari tahun ke tahun.Haji USD vs EMAS

Dalam jangka panjang, biaya dalam rupiah naik sangat siginifikan, dalam dolar juga naik lumayan, tapi biaya haji dan umroh malah turun jika dihitung dengan menggunakan alat ukur emas. 2000-an awal, biaya haji berkisar antara 250gr-300gr emas. Tahun 2007 turun menjadi 150gr, di tahun 2010 menjadi 95gr, dan tahun 2011-2012 berkisar 70gr emas.

Maka salah satu cara untuk menabung biaya haji dan umroh terbaik adalah dengan menabung dalam bentuk emas, logam mulia maupun dinar.  Yang diperlukan untuk biaya umroh 2013 adalah sekitar 8 Dinar atau 35gr emas. Jumlah sudah cukup untuk biaya umroh kelas menengah. Jika harga emas turun pun, insya Allah masih bisa untuk biaya umroh yang lebih murah. Sedangkan jika harga emas naik, maka kita bisa mendapatkan biaya umroh kelas yang lebih baik, atau bisa dijadikan sebagai uang tambahan seperti uang saku.

Untuk menyiapkannya, ada dua strategi yang bisa dilakukan, yaitu Nabung Emas dan Cicil Emas:
Nabung-Cicil Emas Umroh
 
Mmm, masih tunda beli emas?

source: http://ahmadgozali.com/umroh-optimasi-rezeki/umroh-emas/